Aliansi Nusantara Uji Sistem Demokrasi di Indonesia

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Peserta Seminar dan Narasumber berfoto bersama setelah Dialog Pilkada 2017 selesai digelar. (red-lk). 

 

JAKARTA – Aliansi Nusantara menyelenggarakan dialog Nusantara Pilkada 2017 dengan tema “Menguji Sistem Demokrasi Di Daerah” pada Kamis, (29/09/16) di Ruang GBHN Gedung Nusantara V, Jakarta. Kegiatan yang dihadiri oleh pemuda, mahasiswa dan perwakilan tenaga ahli DPR RI, DPD RI dan perwakilan masyarakat tersebut memberikan gambaran umum mengenai proses demokrasi yang berjalan di Indonesia.

Seminar dibuka oleh Dr. Farouk Muhammad, Wakil Ketua DPD RI sekaligus sebagai keynote speaker. Farouk Muhammad mengatakan bahwa pilkada (pemilihan kepala daerah) merupakan sarana sirkulasi (pergantian) kepemimpinan di daerah, namun secara substantif menjadi penanda harapan hadirnya harapan baru untuk kemajuan pembangunan di daerah.

Dalam seminar, hadir berbagai narasumber, diantaranya Ahmad Kanedi, SH. (anggota DPD RI), Margarito Kamis (Pakar Hukum Tata Negara), Drs. Ghazali Abbas (anggota DPD RI), dan Abdul Azis Khafia (anggota DPD RI).

“Untuk menghadirkan demokrasi yang semakin bermakna, dan mewujudkan keinginan masyarakat, harus memenuhi 4 syarat, yaitu kualitas calon, kualitas penyelenggara pilkada, kualitas pemilih dan independensi penyelenggara,” ungkapnya.

Penyelenggaraan pilkada yang akan kita songsong tahun 2017 ini diharapkan akan mampu membawa perubahan dan menjadikan rakyat lebih cerdas, meskipun masih tersisa beberapa permasalahan yang siap menghadang.

“Kecurangan, money politic, dan potensi konflik antar pendukung masih menjadi momokbagi penyelenggaraan demokrasi di Indonesia ini, namun kita harus optimis semua akan bisa diatasi,” imbuhnya.

Zainal Abidin, sebagai ketua penyelenggara berharap dengan adanya seminar pilkada ini akan menambah khasanah bagi peserta dan memunculkan gagasan baru bagi perjalanan demokrasi di Indonesia.

“Selain itu, kami berharap pada pilkada 2017 ini semua pihak dapat mengawasi agar berjalan lebih adil dan bermartabat demi kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. (Red-LK20)

Sumber Berita: http://liputankendal.com/2016/09/29/aliansi-nusantara-uji-sistem-demokrasi-indonesia/

Waktu Publikasi: 29 September 2016.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*